Kamis, 13 Mei 2010

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.




Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

solution cube 4x4x4



jika anda mampu menyelesaikan rubik's cube (3x3x3) maka anda tidak akan terlalu kesuliatan menyelesaikan Rubik's Revenge (4x4x4). Di halaman ini anda akan menemukan material untuk dapat menyelesaikan rubik's Revenge.

Langkah langkahnya:
1. Menyelesaikan center
Berbeda dengan Rubik's cube 3x3x3 yang bagian centernya tidak pernah berubah dan dapat segera diketahui pada saat scramble sekalipun, untuk rubik's 4x4x4 kita harus membangun centernya terlebih dahulu. Untuk lebih detail, silahkan klik pada gambar.



2.Menyatukan pasangan edge
Tujuan dari langkah ini adalah menyatukan edge menjadi pasangan edge. Untuk detail silahkan klik pada gambar:



3. Menyelesaikan Cube
Pada tahap ini anda dapat menyelesaikan rubik denganc ara seperti menyelesaikan rubik 3x3x3. Disarankan anda sudah dapat menyelesaikan dengan metode jessica fridrich untuk dapat optimal.



4. Memperbaiki kasus parity
Dalam setiap solving rubik 4x4x4 akan ada kemungkinan kita akam menemui parity. Parity adalah kasus yang hanya bisa muncul dalam Rubik's 4x4x4 (dan kubus yang lebih besar) dan tidak bisa muncul pada kubus 3x3x3. Kasus kasus tersebut memerlukan penggunaan alogaritma yang panjang. Total hanya ada 5 kasus. Dibawah ini adalah listnya:

Case 1 : 2 sudut tertukar posisi secara diagonal



Alogaritma : 2U* 2L* 2U 2l 2U 2L* 2U* R U' L 2U R' U R L' U' L 2U R' U L' U

Case 2: Pasangan edge terbalik



Alogaritma : 2R* 2B 2U L* 2U R'* 2U R* 2U 2F R* 2F L'* 2B 2R* (dan kemudian dilanjutkan dengan solving secara normal)

Case 3 : Pasangan edge tertukar secara vertikal



Alogaritma: 2r 2U 2r 2U* 2r 2u

Case 4: Sudut tertukar bersebelahan



Alogaritma : 2U* 2L* 2U 2l 2U 2L* 2U* F' U' F U F R' 2F U F U F' U' F R

Case 5: Pasangan edge tertukar posisi bersebelahan



Alogaritma : 2r 2U 2r 2U* 2r 2u (alogaritma 3, lalu solve dengan cara normal)

How To Solve a 2x2 Rubik's Cube


step 1 Notation
If you already know how to solve a 3x3 you can skip this part. This is notation when i say R the layer to your right is to be moved once clockwise. L is the left layer. U is the top side. D is the bottom layer.

If there is an (') after a letter you turn the side counterclockwise.

If you still do not explain look it up on google their should be a more thorough definition on Notation.

step 2 First Layer
First you must choose a layer. I will choose the Green side.
First find a green piece.
Then you find the piece that belongs beside it in my case I picked the green,white, and red piece. I must find a piece that has both green and red. There will only be one. Put this picture in the lower layer. Below where it actually belongs as in the picture. Then put it on the right side and do this algorithm (notations) R' D' R D

Find the next piece and finish the top layer.

step 3 Next Side
Now we will put what we have finished on the bottom. And work on the next side. Take note I say side here not layer. Because we will be just working on the top colors (blue for me) There is four total ways this can be arranged. If you have no blue colors on the top dont worry how you hold it just do this algorithm R U R' U R U2 R'
If you have 1 blue on top hold it like in the picture and then do the algorithm from above.
If you have 2 blue on top hold it like in the picture and then do the algorithm from above. Or the other way for 2.
If you have 4 on top you are lucky you have to do nothing

step 4 Finish cube
Now to finish take a look at the last layer. Find two colors that match up like my black ones here. Put them in the back then do the algorithm R' F R' B2 R F' R' B2 R2.
Now the cube is solved.